Review Wardah Sun Care Sunscreen Gel SPF 30 PA+++





Bagi kalian yang punya tipe kulit wajah berminyak, pasti kesulitan mencari sunscreen yang benar-benar cocok untuk wajah. Seperti saya ini, sampai sekarang saya masih dalam proses pencarian sunscreen yang benar-benar cocok banget untuk kulit berminyak saya dan yang gampang kusam ini. Sebelum kita lebih jauh tentang produk yang akan saya review, baiknya kita simak bareng-bareng apa itu bahaya sinar matahari bagi wajah dan pentingnya sunscreen untuk tubuh terutama wajah.


Sinar matahari memang sangat penting bagi tubuh, tetapi itu hanya berlangsung selama pukul kurang lebih pukul 06.00- 10.00. Selanjutnya, sinar matahari ini sangat berbahaya bagi tubuh, terutama kulit.  Untuk menangkal pengaruh buruk dari sinar matahari, kita wajib pakai sunscreen saat keluar ruangan pada pukul kurang lebih 10.00-16.00. Walaupun dampak buruknya tidak terlihat secara langsung, tapi jika dibiarkan terus menerus akan mengakibatkan masalah kulit seperti kulit terbakar, pigmen kulit tidak rata, wajah jadi kering lalu menyebabkan produksi kolagen pada wajah berkurang yang akhirnya menyebabkan penuaan dini. 

Bahkan ada artikel yang pernah saya mengatakan kalau semahal apapun produk kecantikan yang kamu pakai, jika kamu lupa pakai sunscreen, itu sama aja bohong. Kamu serasa gali lubang tutup lubang. Atau semacam kamu beribadah tapi tetep maksiat (waduhh).

Okay, sekarang back to product. Ini ada salah satu produk sunscreen yang tergolong murah, merakyat, dan mudah sekali ditemui di toko atau supermarket di daerah-daerah. Yaitu WARDAH SUN CARE SUNSCREEN GEL SPF 30 PA+++.

Di lihat dari kemasan depannya, sudah jelas banget kandungan-kandungan dari sunscreen ini, di antaranya Skin protector PA+++, Aloe Vera, Vit E, dan Pro Vit. B5. Kita bahas satu-satu dulu ya :
  1. Skin Protector PA+++
    Okelah, intinya semakin banyak tanda "+", maka perlindungannya makin kuat. Jadi untuk produk ini, mereka mengklaim sunscreen ini "tameng"nya kuat.
  2. Aloe Vera dan Pro Vit. B5
    Melembabkan wajah.
  3. Vit. E antioksidan
Dan sebenarnya, penjelasannya bisa kamu lihat di tampilan produk bagian belakang. Hhehee.





Jenis sunscreen itu ada dua macam, physical sunscren dan chemical sunscreen. Physical sunscreen mampu melindungi kulit sejak awal pemakaian. Sedangkan chemical sunscreen mampu melindungi kulit 15-30 menit setelah pemakaian. Untuk wardah sunscreen ini, jenisnya chemical. Jadi kamu harus pakai 15 menit sebelum kegiatan luar ruangan. Agak ribet memang, apalagi untuk kamu yang sedang terburu-buru mau keluar ruangan.
Kandungan SPF 30-nya sudah cukup baik untuk melindungimu dari bahaya sinar matahari. Bahkan menurut saya ini standar. Kalau untuk SPF 19, itu kurang melindungi jika kamu berlama-lama diluar ruangan seperti naik motor, jalan kaki siang hari, dll. Tapi jika kamu cuma di dalam ruangan, pakai yang SPF 15 atau 19 sudah termasuk cukup, kok.


Sebelum pakai Wardah sunscreen, tekstur wajah saya seperti ini, wajah saya cenderung berminyak. Ini tekstur setelah membersihkan muka dan pakai moisturizer. Minyak (sebum) belum banyak, Tolong abaikan pori-pori yang besar ya. Hehehe.

Dan setelah memakai Wardah sunscreen, penampakannya jadi seperti ini.

Aduh, please deh ini aib banget untuk disebarkan sebenernya. Haha.. Terlihat banget kan perbedaan antara sebelum dan sesudah pakai sunscreen. Wajah jadi tambah berminyak, warna kulit jadi kusam. dan pori-pori makin terlihat. Oiya, saat awal dipakai, ada sensasi dingin dari produk ini.

Untuk menyiasatinya, setelah itu saya memakai bedak tapi tetap saja tampilannya lebih bagus jika tidak pakai sunscreen. Setelah menuliskan pengalaman saya pakai Wardah sunscreen, maka bisa disimpulkan  Pro's and Con's -nya.

Pro's :
  1.  Murah dengan kandungan SPF 30 seharga Rp 38.000
  2. Mudah ditemukan di toko dan supermarket. Saya beli produk ini di Toko Candra Pandanaran Semarang
Con's :
  1. Hasilnya bikin kusam dan berminyak. Tidak direkomendasikan untuk tipe kulit wajah berminyak.
  2. komedo dan pori-pori makin jelas terlihat
Sejujurnya, saya memang sangat jarang berlama-lama di luar ruangan karena jam kerja 08.00-17.00 membuat saya lebih banyak stay di dalam ruangan. Saya pakai ini kalau bepergian naik sepeda motor atau mobil, dan saat jalan kaki. Itu pun gak sampai sejam di bawah sinar matahari terus. Jadi, saya belum melihat hasil apakah produk ini memang benar-benar membuat warna kulit tidak belang/ menghitam. Dari dari hasil tersebut, saya tidak akan repurchase produk ini lagi. Tapi tetap menunggu habis dulu karena isinya masih banyak banget. huhuhu.

Sekian review dari saya. Jika ada yang mau tanya-tanya bisa langsung komen di bawah ya.




26 komentar:

  1. kamu udah bisa naik motor? :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. takonmu OOT , tik. aq ki biasane sing neng tong stand pasar malam

      Hapus
  2. Tahun 2015 dulu aku pernah pake ini dan alhamdulillah cucok banget diaku dan gak bikin break out, cuma belakangan ini lagi berganti haluan ke suncblock dari korea.

    Coolatmoshpeer.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak. Emang gak bikin breakout. Tapi di aku jadi kusam. Hiks hiks. Padahal murah. Sunblock korea yg gak bikin kusam apa ya kak.?

      Hapus
    2. Iya kak. Emang gak bikin breakout. Tapi di aku jadi kusam. Hiks hiks. Padahal murah. Sunblock korea yg gak bikin kusam apa ya kak.?

      Hapus
  3. aku udah ga pakai ini abis berminyak banget huhu


    www.isthiud.com

    BalasHapus
  4. benar banget, setelah pakai ini pas siangnya muka jadi berminyak banget apalagi komedo timbul-timbul gitu dan banyak.. tapi enaknya pas di pakai muka lembab sih, cuma gak enaknya ya gitu.. hmm

    BalasHapus
  5. Pengen nyoba tapi ragu, muka ku kombinasi:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari beberapa review orang lain, mereka dg kulit kombinasi cocok pakai sunscreen ini. tapi di aku nggak cocok. jadi terserah kakak mau coba atau enggak. lebih baik coba tester di counter dulu kak.

      Hapus
  6. Pengen nyoba tapi ragu, muka ku kombinasi:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kombinasi, bisa pake biore uv yang watery essence. Cukup terjangkau untuk sunscreen yang bagus, walaupun harganya jauh lebih mahal sih kalau dibanding wardah. Hehe. Bisa liat reviewnya di blog saya ini. 😊😊😊

      Hapus
  7. Apakah dengan kulit berminyak dan muncul komede itu membuktikan cocok memakai sun screen gel spf30

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurutku itu membuktikan bahwa itu tidak cocok kak.

      Hapus
  8. Waah pantesan.. trnyata ini yg bikin wajah sy lebih kusam di siang hari n pori2 makin lebar..hiks. thank u ya sharingnya

    BalasHapus
  9. Oiya terus skg mbaknya pake sunblock apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang aku lagi pake L'oreal, kak. Belum saya review. hehe.. Karena baru sebentar pakenya.

      Hapus
  10. Samaaa...stlh pakai sunscren Wardah jg kusam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat kak.. Cari cari susncreen lagi yang cucok meong di wajah. 😀😀💪💪💪

      Hapus
  11. Saya pake suncren Wardah jadi kusam gituu kenapa nya itu tanda ga cocok apa emang Wardah sunscren jadi kusam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sunscreen itu ibarat jodoh kak.😃. Cocok-cocokan.di orang lain keliatan bagus. Belum tentu bagus di kita. Bukan sunscreen Wardah yang kurang bagus, tapi karna kulit punya karakter masing-masing. Jadi harus rajin rajin cari sunscreen yg cocok. Semangat 💪💪💪

      Hapus
  12. Aku memakai pembersih wajah dari nivea dan sunscreen dari wardah wajah ku jadi beruntusan, kusam dan fatal, apakah cocok atau tidak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak. mana yang paling awal kakak gunakan? sunscreen dari wardah atau nivea? kemungkinan salah satu dari produk itu yang nggak cocok di kulit kakak.

      Hapus
  13. ayo mainkan game bandungtoto untuk mendapatkan uang asli! penghasilan mudah dari mana saja!

    BalasHapus

Adsense