Ternyata Ada Bahan Berbahaya Pada Produk Sunscreen




Sekarang, sudah banyak sekali produk-produk perawatan wajah yang bersliweran di depan mata kita dan perlu kita ketahui bahwa tidak semua produk tersebut layak kita konsumsi. Dalam memilih produk, biasanya kita hanya tertuju pada apakah produk itu sudah terdaftar di BPOM. Adapun yang membatasi lagi dengan apakah produk itu punya sertifikat Halal, free animal-tested, maupun vegan. Tapi, kita harus lebih cerdas dari itu terutama pada produk yang satu ini, SUNSCREEN.

Sebagai pecinta skincare, pasti kalian sudah tahu apa itu fungsi sunscreen atau sunblock. Menurut saya, mencari suncreen yang benar-benar cocok untuk kulit wajah dan benar-benar aman itu adalah hal yang sangat sulit. Apalagi sunscreen ini harus dipakai tiap hari saat saya berada diluar ruangan. Dari dua jenis sunscreen yang ada di dunia ini pun punya plus minus yang sangat mencolok yang membuat diri ini semakin galau mana yang harus dipilih. Physical sunscreen dengan kandungan yang lebih aman tapi dengan hasil akhir berupa white cast (seperti pakai krim wajah terlalu putih) atau chemical sunscreen dengan kandungan yang sedikit berbahaya jika dipakai jangka panjang tapi dengan hasil akhir yang bagus terutama untuk kamu yang suka pakai make up.

Loh, kok chemical sunscreen mengandung bahan berbahaya? Kenapa bisa beredar? Jadi, ada beberapa bahan sunscreen yang tidak boleh beredar di beberapa wilayah di dunia tapi masih bisa di gunakan di negara lain. Untuk lebih jelasnya, lihat bahan-bahan dibawah ini.

1. 4-MBC (4-Methylbenzylidene Camphor)
4-MBC (4-Methylbenzylidene Camphor)
4-MBC (4-Methylbenzylidene Camphor)
Di Amerika, bahan ini tidak boleh digunakan untuk sunscreen namun bahan ini muncul di beberapa sunscreen yang ada di Indonesia. Beberapa peneliti di Eropa menemukan bahwa 4-MBC ini mengakibatkan gangguan tiroid dan hormon. Biasanya bahan ini ditemui pada chemical sunscreen.

Turunan : (3-(4-Methylbenzylidene)bornan-2-one, 3-(4-Methylbenzylidene)-dl-camphor, 4-MBC, Enzacamene, Parsol 5000)


2. Oxybenzone
Bahan ini sering ditemukan di dalam ingredients chemical sunscreen termasuk juga turunannya. Bahayanya produk ini bisa mempengaruhi endokrin yang bisa menyebabkan kanker, gangguan kehamilan, dan bahkan menghambat pertumbuhan. Jika paparan sinar matahari sangat tinggi, bahan ini malah bisa mengeluarkan radikal bebas dan menyebabkan photoallergic.

Turunan : BENZOPHENONE-3, (2-HYDROXY-4-METHOXYPHENYL) PHENYL- METHANONE; (2-HYDROXY-4-METHOXYPHENYL) PHENYLMETHANONE; 2-BENZOYL-5-METHOXYPHENOL; 2-HYDROXY-4-METHOXYBENZOPHENONE; 4-08-00-02442 (BEILSTEIN HANDBOOK REFERENCE) ; 4-METHOXY-2-HYDROXYBENZOPHENONE; ADVASTAB 45; AI3-23644; ANUVEX; B3; BENZOPHENONE, 2-HYDROXY-4-METHOXY-

3. Octinoxate
Bahaya dari octinoxate hampir sama dengan oxybenzone
Bahan Berbahaya Pada Produk Sunscreen
Octinoxate

Turunan : (Octylmethoxy Cinnamate, Octyl Methoxycinnamate, Ethylhexyl methoxycinnamate, 2-Ethylhexyl 4-methoxycinnamate, 2-Ethylhexyl-p-methoxycinnamate, Parsol MCX, Escalol 557)

4. PABA


Sama seperti bahan di atas, PABA adalah bahan berbahaya yang jangka panjang bisa menyebabkan fotosensitif dan alergi pada kulit. Biasanya yang dipakai adalah turunannya.

Turunan :
4-AMINOBENZOIC ACID; AMINOBENZOIC ACID; P-AMINOBENZOIC ACID; P-CARBOXYANILINE; 4-AMINOBENZOIC ACID; 4-CARBOXYANILINE; AMBEN; AMINOBENZOIC ACID; ANTICANITIC VITAMIN; P-AMINOBENZOIC ACID; P-CARBOXYANILINE

Sebenarnya masih ada bebarapa bahan berbahaya lainnya. Tapi hanya saya tuliskan empat di atas karena ternyata kandungan tersebut saya temui di produk suncreen yang pernah saya pakai dan produk sunscreen incaran saya selanjutnya. Alih-alih menjaga kesehatan dari paparan sinar matahari, ternyata ada bahaya di balik itu semua.

Jadi teringat sebuah video di Female Daily yang mewawancarai CEO dari brand kosmetik Paris, NovExpert, Cyrille Telinge yang intinya boleh pakai sunscreen tapi jika kamu memang benar-benar berada di luar ruangan pada waktu yang lama pada saat matahari sedang bersinar. Tapi jika hanya sebentar, mending tidak usah memakai sunscreen karena semakin sedikit bahan-bahan kimia yang kita pakai untuk wajah, itu akan semakin baik. Lebih baik memakai pelindung fisik seperti baju lengan panjang, payung, topi, dan lain-lain.

Jika kamu seharian memakai sunscreen, pastikan kamu membersihkannya dengan double cleansing agar sunscreen yang ada di wajahmu benar-benar sudah hilang. Dan jika kamu tidak mau ambil risiko dengan bahan-bahan di atas, pakailah PHYSICAL SUNSCREEN yang mengandung Zinc Oxide atau Titanium Dioxide dan hindari yang berbentuk spray/semprot karena rentan masuk pada saluran pernafasan (Titanium Dioxide yang terhirup bisa menyebabkan kanker pernafasan). Walaupun PHYSICAL SUNSCREEN juga punya kekurangan seperti menimbulkan white cast, jerawat, dan menyumbat pori-pori.



Kesimpulannya, yuk jadi konsumen yang cerdas. Baca ingredients list dari produk yang akan kamu beli. Baca review dari orang lain atau info lainnya. Semoga membantu.


Refensi :
cosdna.com
www.ewg.org



Baca juga  :



3 komentar:

  1. aku mumet, dan. kamu sekarang kuliah jurusan kimia? :v :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. pokoke neg tuku sunscreen titeni wae ingredients e kui.brarti berbahaya.

      Hapus
  2. wahh bingung dong kalau gitu dalam nyari suncreen yang benar-benar aman..
    thanks informasinya kak, sangat bermanfaat..

    BalasHapus

Adsense