100% UAS Tanpa Nyontek

         Uas tahun 2012 di IT Telkom kali ini kerasa beda banget ama UAS tahun-tahun sebelumnya. Pemandangan yang berbeda yaitu dari gerakan anti menyontek. Gerakan ini bener-bener digemborin oleh beberapa Organisasi Kemahasiswaan. Langkah ini digunakan buat langkah awal buat memberantas korupsi. Seperti yang kalian tahu, korupsi gak hanya bisa terjadi di lembaga pemerintahan, tapi juga bisa di kelas. Ya kayak nyontek ini. Nyontek itu korupsi kecil-kecilan. Yang kalo didiemin aja, bisa jadi maling gede. Malangnya, nyontek itu udah bawaan dari bapak ibu kita. Waktu beliau duduk di bangku sekolah, tanyai aja gimana cara nyonteknya. Alhasil gak kalah jago sama anak-anak jaman sekarang. Parahnya lagi, tersangka nyontek ini gak punya malu sama sekali. Mereka malah nggembor-gemborin kelakuan bejatnya. Diomongin ama temen-temennya, sama adik kelasnya, sama orang tuanya. Orang tuanya juga jarang banget marahin gara-gara anaknya nyontek, karena orang tua mereka juga nyontek. Buuuuseeeetttt....

          Menurut kalian, jengel gak sih kalo ada temen kita nyontek? Ini pertanyaan ambigu. Yang bener gini : Jengkel gak sih kalo kalian gak ada kesempatan buat nyontek, tapi kalian liat temen kalian bisa nyontek?  Nah ini, kadang-kadang orang jengkel karena temennya nyontek bukan karena m teman mereka bertindak sesuatu yang dilarang, tetapi karena mereka gak bisa kayak teman mereka. Semua itu karena kebiasaan menyontek udah mendarah daging dari nenek moyang mereka. Seharusnya kita jengkel dengan mereka karena mereka nyontek dan nyontek itu dosa, bukan jengkel karena kita gak dapet kesempatan nyontek juga.

          Kembali lagi di kampusku, IT Telkom. Kemaren aku baru aja ikut pertemuan sama kaprodi Ilmu Komputasi. Di sana ada Pak Suwandi (lupa jabatannya). Beliau bilang untuk ikut UAS, presensi gak boleh kurang dari 75% dan suatu hari ada dosen yang tanya ama beliau, kalo ada yang malsu presensi ato malsuin surat dokter gimana? Hayooo gimana??? Pak Suwandi bilang "saya gak peduli mereka(mahasiswa) mau malsuin presensi ato malsuin surat dokter. Kalo saya ngurusin kayak gitu, bakal gak ada selesainya. Urusan seperti itu adalah urusan mereka(mahasiswa) dengan Allah."
Ya, benar sekali. Manusia emang punya banyak kekurangan. Kita gak mungkin bisa membasmi kejahatan di muka bumi ini sampai ke akar-akarnya kalo masih ada minimal satu orang yang masih jadi provokator. Kalo mau memerangai hal yang kayak gitu, semua harus beratu padu buat membasminya. Soal hal-hal yang gak bisa kita jangkau karena kemampuan dan waktu kita terbatas, serahkan saja pada Yang Maha Tahu dan Maha Kuat. Karena kita tahu hakin yang seadil-adinya adalah Dia. Dan yang melakukan hal buruk akan dihakimi kelak. Tapi bukan berarti kita malas-malasan buat membasminya dan menunggu sampai Sang Hakim Adil membawa keadilan. tindakan-tindakan buat mencegah dan menindaklanjuti harus tetap dilakukan.

          Kalo kamu adalah seorang contekers dan disuatu saat kamu berada dalam sebuah pertemuan atau kajian yang membahas tentang mencontek, apa yang ad dibenak kamu? Apakah kam merasa tersindir ato biasa aja? Itu yang udah aku buktikan dengan temanku yang seorang contekers. Aku bilang ke dia " Kamu ngrasa tersindir gak". Sontak dia menjawab "Biasa aja". Tahu kenapa? Karena dia belum pernah ngrasain gimana balasan mencontek. Saat dia nyontek, nilainya fine fine aja. Temen dan orang tuanya fine fine aja. Tapi dia mungkin bakal berpikir lebih lama buat nyontek kalo udah ada ultimatum ato dalam artian dia ketahuan dan mungkin nilainya di E kan, di DO, atau di blacklist. Jadi, yang ditekankan di sini, sanksi itu penting. Sanksi yang berat joss banget pentingnya. Dan pengawasan ketat itu joss gandoss pentingnya.

          Intinya, kayak yang diomongin sama seorang Da'i kondang "dimulai dari diri sendiri" itu benar. Gak usah deh nyalah"in pemerintah napa gak becus berantas korupsi. Gak usah deh nyalah"in pejabat kalo kamu sendiri masih korupsi ujian dan korupsi ama diri kamu sendiri. Nili yang sebenar-benarnya bukan nilai yang ada di atas kertas ujian kamu. Tapi nilai yang sebenar-benarnya adalah proses kamu dapetin nilai di atas kertas itu. Baik di mata manusia bukan berarti baik di mata Allah. Orang-orang gak bakal sembuh kalo cuma diceramahin, meraka bakal sembuh kalo udah dapet azab. 

Sekilas kampanye anti nyontek
BEM IT TELKOM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adsense