Jerawat Muncul Terus? Kenali Penyebab Jerawatmu



Siapa yang setuju kalau masalah kulit yang satu ini memang benar-benar bikin gregetan. Yups, hampir semua temen saya atau bahkan mungkin seluruh wanita di Indonesia punya duka yang mendalam masalah jerawat. Gimana enggak, tiap mau menstruasi, jerawat selalu nongol. Belum sempat sembuh dan belum hilang bekasnya, sudah masuk menstruasi berikutnya dan muncul baru lagi. Saking frustasinya, para korban jerawat malah rela tidak memakai skincare apa-apa yang alhasil kotoran di wajah makin menumpuk dan jerawat tidak kunjung hilang.





Lalu, apa sih sebenarnya penyebab jerawat? Ini dia jawabannya.

Stress, begadang, salah makan, dan berbagai pola hidup yang tidak sehat

Siapa diantara kalian yang suka banget begadang. Entah itu begadang karena tugas sekolah, kuliah, kerjaan kantor, maupun karena maraton nonton drama korea, please sebaiknya kamu hindari hal-hal ini. Tidur di malam hari itu waktu yang tepat untuk regenerasi kulit. So, jika kamu begadang artinya kamu nggak memberi waktu buat kulitmu untuk meregenerasi. Alhasil, sel-sel kulit mati jadi menumpuk dan timbullah jerawat. Begadang cukup erat hubungannya dengan stress. Jika kamu lihat sering melihat mahasiswi tingkat akhir yang sedang menyelesaikan skripsi dengan jerawat besar-besar di wajahnya, kemungkinan dia sedang mengalami stress. Hehehe.


Salah makan juga bisa loh menyebabkan kamu berjerawat. Walaupun dari dulu kita diajarkan untuk makan 4 SEHAT 5 SEMPURNA, tapi ternyata dalam ajaran itu, ada beberapa makanan yang justru membuat kita jadi berjerawat seperti susu, olahan susu, gula, makanan berminyak, pedas, dan karbohidrat.
adajerawat.com

Yang terakhir adalah jarang olahraga, ini biasanya dialami orang-orang yang mager alias males gerak. Padahal berkeringat itu sangat baik untuk kulit. Keringat bisa membersihkan kulit kita dan mengeluarkan racun dalam tubuh.


Oke Para Pejuang Jerawat, mana nih yang KAMU BANGET?

Salah pakai skincare atau kosmetik

Ketidakcocokan dengan sebuah skincare biasanya dikarenakan oleh kandungan dalam skincare tersebut. Misal kamu alergi dengan yang namanya kandungan alkohol. Nah, kamu harus menghindari skincare berkandungan alkohol. Kamu harus cermat-cermat baca ingredient list-nya. Kandungan skincare yang terlalu keras seperti kandungan AHA atau vitamin C yang terlalu tinggi juga bisa menyebabkan kulit wajah di beberapa orang berjerawat. So, kamu memang harus concern dengan hal ini untuk tahu sebenarnya kandungan apa sih yang bikin kamu berjerawat dengan cara EXPLORE MORE. Karena tanpa mencoba, kamu nggak bakal tahu dimana kelemahan kamu. 
Kesalahan banget jika kamu mengira skincare yang dipakai temanmu akan memberikan efek yang sama jika kamu pakai karena kondisi kulit kalian berbeda.

hellosehat.com

Pakai skincare yang bertumpuk-tumpuk ternyata juga bisa jadi alasan kamu berjerawat. Kalau kamu pernah liat cara merawat wajah ala cewe korea, kamu pasti tahu bahwa mereka itu suka banget numpuk-numpuk skincare bahkan sampai 10 layer. Nah, ada beberapa orang yang ternyata tidak cocok dengan cara seperti ini, salah satunya adalah saya.
Pemakaian alat make up yang kotor, kosmetik kadaluwarsa, dan membersihkan make up yang kurang baik juga menimbulkan jerawat. So, banyak banget penyebab jerawat itu.

Hormonal, biasanya saat menstruasi.

I'm so sorry, guys. Untuk jerawat ini memang susah diobatin karena menyangkut hormon yang ada di tubuh kamu. Jika kamu sering berjerawat saat menjelang menstruasi, begitulah adanya kamu. Memang menyebalkan sih. Kadang jerawat bulan lalu belum sembuh, sudah muncul lagi bulan ini. Karena itu hormonal. Jerawat hormonal juga terjadi di masa-masa pubertas sekitar SMP-kuliah.



Jadi, sudah tahu penyebab jerawatmu yang sebenarnya? Pokoke ojo spaneng ya, guys. Jangan terlalu stress mikirin jerawat. Ntar malah tumbuh lagi jerawatnya. Jadilah dirimu sendiri dan sabar dengan proses penyembuhannya. Yang penting kamu tidak cuek dengan jerawat kamu, Insya Allah jerawat akan kunjung hilang.

1 komentar:

  1. benar banget karena bergadang, menstruasi dan stress juga bisa menyebabkan timbul jerawat pada wajah..

    BalasHapus

Adsense