Hidupku Datar Tapi Penuh Makna

       Assalamualaikum wr.wb.
Sebenernya males juga lanjutin tulisan ini, tapi berhubung ada temen yang request lanjutan ceritanya, apa boleh buat deh. Dan sekarang malah aku gak tau mau nulis apaan. hehehehe
Perjuangan memakai jilbab pun dimulai dari sini. Ada banyak suka duka yang udah aku cicipi selama pake jilbab. Dukanya, tiap ketemu temen-temen lama seperti temen SMP dan SMA, mereka tidak langsung mengenali aku. Kalo ketemu di jalan, bakal dicuekin karena penampilan yang berbeda. Dari mulai tomboy menjadi berjilbab. Alhasil, aku harus nyapa mereka duluan dan gak semuanya langsung menyadari kalau itu aku. Mereka pada bilang,"siapa ya? aku lupa?" Gimana perasaan kalian kalo jadi aku? pastinya *gonduk atau apalah namanya. Kamu seolah seperti orang yang muncul tiba-tiba dari bumi, sehingga kamu gak dikenalin, atau seperti kamu habis operasi plastik sampai teman-teman yang dulu dekat sama kamu jadi *pangling.wkwkwkwk

Ada satu contoh reaksi temen-temen karena perubahanku. Sebut saja namanya X. Dia satu asrama denganku saat kami semester 1. Aku tau dia temen SMPku, tapi aku udaht erlalu banyak memakan asam garam dengan temen-temen lama, jadi agak trauma gitu deh. Aku sempet deket sama temensi X yang juga anak asrama, sebut saja Y. Biar gak malu, aku ngomong aja sama si Y kalo sebenernya aku ini temennya si X, tapi aku malu ngomong sama si X karena takut kalo X akhirnya bilang, "siapa ya?aku lupa". eh usut punya usut, si Y malah bilang sama X. Dan ternyata X juga ngerasa kalo aku temen SMPnya, tapi takut salah karena X juga baru aja pake jilbab. Hmmmm..kalo ini sih sehati namanya. itulah dukanya berganti penampilan. Sukanya berjilbab lebih banyak dari dukanya. Apalagi karena berjilbab merupakan kewajiban setiap muslimah yang sudah baligh. Dan karena awal baligh-ku udah sejak awal kelas 6 SD (11 tahun).

Diawal kuliah, ada semacam belajar kelompok yang membahas tentang agama. Namanya mentoring. Kegiatan ini termasuk dalam perkuliahan agama Islam, jadi wajib ikut. Inilah gerbang pertamaku masuk dunia tarbiyah, walaupun sebenernya aku gak terlalu suka materi-materi yang dibahas dalam mentoring. Materi di mentoring agak terkesan membosankan, contohnya  Ma'rifatullah. Di mentoring, pembahasan ma'rifatullah agak beda dengan buku yang pernah aku baca, yaitu bukunya Imam Al Ghazali sebagai tokoh tasawuf dunia. Terlalu tinggi sih kalau di mentoring bahas tentang hal-hal gituan, soalnya materi itu termasuk materi berat, dalam artian implementasinya sangat berat. Tapi entah kenapa aku mencoba bertahan aja dalam lingkungan yang kayak gitu. Mungkin karena orang-orangnya baik. Semula kelompok mentoringku terdiri dari teman-teman sekelas, tapi karena semester 2 mentoring gak diwajibin, beberapa ada yang keluar dan sampai pada akhirnya, hanya tersisa aku dan seorang temenku yang ikut mentoring. Dalam dunia tarbiyah, aku belajar banyak hal tentang agama, tapi ya gak sedikit perbedaan ajaran tarbiyah dengan ajaran yang aku percayai. FYI aja kalo ajaran-ajaran agama Islam yang aku anut lebih condong ke ajarannya NU. 

Melalui acara mentoring ini juga, aku masuk ke dalam organisasi keislaman di kampus. Dari tahun ketahun masuk ke dalam organisasi, membuat aku naik ke posisi cukup tinggi (ceileh) sampai semester akhir pun masih ikut organisasi. Di sini aku bukannya menjelek-jelekan sih, tapi aku ngerasa kurang sreg aja sama ajaran tarbiyah, terutama adab-adab dalam mentoring dan aku juga gak mau gabung dalam kegiatan yang berbau partai.

bersambung..

2 komentar:

Adsense