Game tebak Angka Dengan Metode Client Dan Server



BAB 1
PENDAHULUAN

I.                   Latar Belakang
Perkembangan teknologi yang semakin pesat tak pada era sekarang, membuat teknologi menjadi bagian dari kebutuhan pokok manusia yang saling berkaitan dan tidak bisa terlepaskan. Dengan keberadaan teknologi yang sekarang, perlu disadari hal tersebut semakin mempermudah dan meringankan pekerjaan manusia.
Game merupakan salah satu dari banyak contoh perkembangan teknologi yang terlihat sangat cepat. Pada dasarnya, hampir di setiap komputer selalu kita temui beragam game yang memiliki spesifikasi  terntentu, sesuai dengan kebutuhan game dan pengguna itu sendiri. Semakin tinggi kualitas tampilan yang dibutuhkan oleh suatu permainan, semakin tinggi pula spesifikasi sebuah komputer yang dibutuhkan untuk menjalankan game tersebut.
Pada makalah ini akan dipaparkan tentang cara kerja sebuah permainan computer sederhana yang dapat dimainkan pada dua computer yang berbeda.

II.                Rumusan masalah
Masalah dari makalah ini meliputi.
1.      Apakah pengertian dari socket?
2.      Apakah pengertian dari client dan server?
3.      Bagaimana deskripsi umum dari permainan Tebak Angka?
4.       Bagaimana implementasi dari permainan Tebak Angka tersebut?
5.      Bagaimana hasil tampilan layar dari permainan Tebak Angka?

III.             Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai dari makalah ini adalah sebagai berikut.
1.      Menjelaskan pengertian socket.
2.      Menjelaskan pengertian client dan server.
3.      Memaparkan deskripsi umum dari permainan Tebak Angka.
4.      Memperlihatkan hasil tampilan layar dari permainan Tebak Angka.



















BAB 2
ISI

I.                   Pengertian Socket
Socket adalah suatu obyek untuk mengirim dan menerima pesan dan menciptakan inter process communication. Socket memungkinkan mekanisme yang seragam pada tingkat system operasi untuk inter process communication walaupun berada pada computer yang berbeda. Mekanisme socket dapat bekerja pada semua skema penamaan dan protocol jaringan, tidak hanya untuk TCP/IP dan UDP/IP.

Untuk membangun aplikasi hal pertama yang perlu dilakukan adalah menganalisa jenis aplikasi kita, kebutuhan bandwidth, kebutuhan ketersampaian data dan sensitifitas terhadap delay. Berdasarkan hal ini kita bisa menentukan protokol apa yang kita gunakan, entah TCP atau UDP. Makalah ini hanya  membahas tentang pemrograman socket mengguakan TCP karena program yang dibuat hanya menggunakan TCP saja.
1.1  Pemrograman Socket Menggunakan TCP
Cara kerja aplikasi yang menggunakan TCP dapat digambarkan oleh di bawah ini :
Detail dari proses tersebut adalah :
  1. Untuk bisa melakukan koneksi client server, program server harus berjalan terlebih dahulu
  2. Di sisi server disediakan sebuah socket, yang disebut welcoming socket yang fungsinya untuk mendeteksi adanya permintaan koneksi dari sisi client.
  3. Di sisi client terdapat client socket. Jika ingin menghubungi server, maka melalui client socket-nya, client membuat inisialisai koneksi ke welcoming socket milik server, dengan mode three-way handshake.
  4. Setelah welcoming socket menerima inisialisasi koneksi dari client socket, aplikasi server akan membuat connection socket di sisi server. Dengan connection socket ini, client socket dan connection socket berinteraksi satu sama lain untuk mengirim dan menerima data.
  5. Client membaca data yang dikirim oleh server dari client socket-nya. Kemudian menampilkan data tersebut di monitor.
                                                       
II.                Pengertian Clinet-Server
Client-Server merupakan sebuah paradigma dalam teknologi informasi yang merujuk kepada cara untuk mendistribusikan aplikasi ke dalam dua pihak, yaitu pihak client dan pihak server.
Dalam model client/server, sebuah aplikasi dibagi menjadi dua bagian yang terpisah, tapi masih merupakan sebuah kesatuan yakni komponen client dan komponen server. Komponen client juga sering disebut sebagai front-end, sementara komponen server disebut sebagai back-end. Komponen klien dari aplikasi tersebut dijalankan dalam sebuah workstation dan menerima masukan data dari pengguna. Komponen client tersebut akan menyiapkan data yang dimasukkan oleh pengguna dengan menggunakan teknologi pemrosesan tertentu dan mengirimkannya kepada komponen server yang dijalankan di atas mesin server, umumnya dalam bentuk request terhadap beberapa layanan yang dimiliki oleh server. Komponen server akan menerima request dari client, dan langsung memprosesnya dan mengembalikan hasil pemrosesan tersebut kepada client. Client pun menerima informasi hasil pemrosesan data yang dilakukan server dan menampilkannya kepada pengguna, dengan menggunakan aplikasi yang berinteraksi dengan pengguna.

III.             Deskripsi Permainan
Permainan Tebak Angka ini adalah sebuah permainan yang dapat dimainkan oleh dua komputer yang berbeda. Komputer pertama bertindak sebagai server yang akan mengacak angka yang harus ditebak oleh pemain. Sedangkan komputer kedua bertindak sebagai client yang harus menebak angka acak dari server. Untuk bisa terhubung dengan server, client harus memasukan IP dan port server. Permainan Tebak Angka ini mempunyai beberapa aturan sebagai berikut.
1.      Angka yang muncul hanya antara 1 sampai 100
2.      Pemain mendapatkan kesempatan untuk menebak sebanyak 5 kali
3.      Apabila jawaban belum benar, maka akan keluar petunjuk apakah angka acak tersebut lebih besar atau lebih kecil dari jawaban.
4.      Pemain dapat mengulangi permainan ataupun mengakhirinya.


IV.             Source Code Program
1.      Pada kelas TebakAngka
public  void Tebak(){
                     if (angka==tebak){
                           System.out.println("Anda Benar!");
                           i=5;
                     }
                     else if (angka>tebak){
                           System.out.println("=====================================");
                           System.out.println("Angka Lebih besar!");
                           System.out.println("=====================================");
                     }
                     else if (angka<tebak){
                           System.out.println("=====================================");
                          System.out.println("Angka lebih kecil!");
                          System.out.println("=====================================");
                     }  
              }
2.      Pada kelas Main

try{
              TebakAngka ta = new TebakAngka();
              angka = ta.getAngka();
              System.out.println("------------------------------------");
                     System.out.println("Kami mempunyai bilangan dari 1 sampai 100");
System.out.println("Anda mempunyai 5 kali kesempatan untuk mencoba");
              System.out.println("--------------------------------------");
              for (int i = 1; i < 6; i++){
System.out.print("");                            System.out.println("Kesempatan ke "+i);
                     System.out.print("Coba tebak bilangan saya : ");
                     strTebak = bufReader.readLine();
                     tebak = Integer.parseInt(strTebak);
                     ta.setTebak(tebak);
                     ta.Tebak();
                     }
              ta.PrintAtt();
              System.out.print("\nUlangi [YA/TIDAK]? : ");
              ulangi = bufReader.readLine();
              if(ulangi.equals("YA")) ulang=true;
              else ulang=false;
                          
       }
              catch (IOException ioe){
       }

V.                Hasil Program
1.      Pada komputer server
2.      Pada komputer client
























BAB 3
PENUTUP

I.                   Simpulan
Program permainan sederhana ini adalah permainan tebak angka dimana juga terdapat socket yang mengkomunikasikan antara server dan client.Permainan ini merupakan permainan yang dimainnya dua pemain yang mana satu menjadi server dan yang satunya menjadi client. Peraturan dari permainan ini adalah kita menebak angka yang ada sehingga menemukan angka tebakan yang benar. Disana juga terdapat batasan pemasukkan angka serta kita dapat mengulang jika ingin mengulangi permainannya lagi.

II.                Saran
Permainan tebak angka ini bisa dikembangkan dengan cara menambahkan tampilan yang lebih menarik menggunakan Graphic User Interface, server dapat menerima lebih dari satu client sehingga bias dimainkan oleh banyak client dalam waktu yang bersamaan, dan sebagainya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adsense