Perlukah Pakai Pembersih Muka Khusus Untuk Membersihkan Sunscreen?


face cleanser
tribune.com.pk


Pernah dengan kalimat seperti ini :
Perlu pembersih muka khusus untuk membersihkan sunscreen yang ada di kulit wajah secara maksimal

Segitu-nya banget nggak sih harus cari pembersih khusus, apalagi yang manusia low budget seperti saya. Sebelum tahu jawabannya, mari kita cari tahu kandungan dari cleanser itu sendiri. Cleanser punya kandungan berupa surfactans yang jika diperbesar, bentuknya menyerupai "kecebong" dengan hydrophilic (menyukai air) pada bagian kepalanya, dan lipophilic (menyukai minyak) pada bagian ekornya.

surfactant
commons.wikipedia.org
Dengan strukturnya yang spesial ini, surfactants mampu membuat air larut dalam minyak maupun sebaliknya. Bagian ekor mengikat minyak, sedangkan bagian kepala mengikat air. Jadi cara kerjanya, minyak dan kotoran akan membentuk semacam tetesan-tetesan kecil yang nantinya tersebar di air dan akan terbilas dengan bersih. 

Seperti kalian ketahui, pembersih muka banyak banget jenisnya. Mulai dari yang paling tradisional seperti cleansing milk, lalu ada cleansing balm,facial wash, cleansing oil, dan juga micellar water. Semuanya bisa kok kamu gunakan untuk membersihkan sisa sunscreen yang ada di wajahmu asalkan ada kandungan surfactants di dalamnya. 

Kandunga surfactants dalam suatu produk pembersih muka, bisa kamu lihat ingredients listnya dengan nama-nama sebagai berikut :


  1. Cetyl Alcohol
  2. Sodium Lauryl Sulfate
  3. Stearyl Alcohol 
  4. Behentrimonium Methosulfate and Cetearyl Alcohol
  5. Disodium Lauroamphodiacetate
  6. Coco-Glucoside
  7. PEG-120 Methyl Glucose Dioleate
  8. Hexylene Glycol
  9. Disodium Cocoamphodiacetate
  10. PEG-6 Caprylic/Capric Glycerides
  11. Sorbeth-30 Tetraoleate
Lebih mudahnya, kamu bisa cek ingredients list beserta kandungan dari cleanser yang biasa kamu pakai di cosdna. Jikam produk cleanser yang kamu pakai tidak mengandung surfactants, maka produk ini tidak efektif membersihkan sisa sunscreen. 
Viva Milk Cleanser COSDNA

KESIMPULAN

Menghilangkan sisa suncreen pada wajah diperlukan pembersih muka yang di dalamnya mengandung SURFACTANTS dan jika perlu (terutama pemakaian water resistant sunscreen) ulangi pemakaian pembersih muka sekali lagi. Lebih baik lagi jika menerapkan double cleansing (oil based dan water based cleansing).



Referensi : www.labmuffin.com

Baca juga

3 komentar:

  1. Pembersihan dapat dilakukan dengan Double cleansing untuk memastikan kulit benar-benar bersih

    BalasHapus
  2. Klo bersihin sunscreen pake micellar water kok kayaknya gak bersih gituh yah wkwk enakkan pake milk cleanser

    BalasHapus

Adsense