Fiqih Wanita


Fiqih Wanita

Bismillah.....
Assalamualaikum wr wb.
Mulai sekarang, blogq ini bakalan lebih serius dari biasanya, coz udah banyak disindir ni sama temen” kalo isinya tuh gak mutu n gak bakal banyak yang buka. Ah masa iya ya???  Gak percaya juga sih.
Q:          Kenapa aq ambil tema tentang fiqih wanita?
A:          Karena bcoz itu that dan and selalu always!!
Q:         Jangan itu donk, jawaban orang bodo kok dibawa”
A:        Terus apa donk ? kelamaan sih repot” pake answer question segala.
Q:           Biar gaul dikit napa!!! Gini lho..kita tuh diciptakan oleh Allah swt sebagai cewe yang secara fisik berbeda dengan cowo. Bedanya apa? Gak usah dijelasin ya. Kita punya fisik yang lebih lemah dan harus dijaga dengan baik and benar biar dapat berfungsi dengan baik. Tapi sebenernya fiqih wanita itu gak cuma ngebahas tentang fisik, tapi juga kehidupan sehari-hari wanita. Nah yang akan aq bahas disini, adalah hal” yang biasanya dialami oleh remaja aja.
A:            Udah lah..lu ngebuang” nafas aja ngomong kayak gitu..Let’s go gage!!


Haid
Lamanya haid tuh tergantung individu masing”, kalo biasanya si Ana selesai 8 hari, maka masa haid dia itu 8 hari. Tapi ada juga yang Cuma 4 hari. Jadi, diambil rata”nya aja. Kalo udah lewat batas maksimal, darahnya bakal berhenti sendiri kok. Misal kamu biasa selesai 8 hari, tapi 5 hari udah selesai, mending nunggu dulu sampe 8 hari, takutnya kalo ternyata masih ada darah didalem vagina kamu. Hal kayak diatas tuh menurut Imam Syafi’i dan Imaran Malik. Dalilnya adalah hadist dari Ummu Salamah yang dimuat oleh Imam Malik dalam kitabnya al-Muwaththa’, “Pada zaman Rasulullah saw., ada wanita mengeluarkan darah haid lamaaaaaaa sekali. Lalu, Ummu Salamah menanyakan itu kepada Rasulullah saw. Beliau jawab, ‘Hendaklah dia melihat jummlah hari haidnya pada bula sebelumnya sebelum tertimpa penyakit sekarang ini. Dia tidak boleh salat selama jumlah hari tersebut. Setelah melewati masa itu, hendaklah dia mandi, lalu mengenakan kain pembalut, lalu salat.’”
Ada juga nih kalo buat cewek yang baru pertama haid, Imam Malik berpendapat kalo cewek itu kudu bandingin jumlah harinya sama cewek yang sebaya sama dia, karena lama haid mereka sama, sehingga hukumnya sama.
Cairan putih sesudah haid
Kalo keluar cairan putih nih, kita tetep wajib salat, soalnya yang yang diharamkan solat tuh waktu kita haid, nifas, and senggama. Gak perlu mandi junub, cukup wudhu aja.^^
Bingungnya nih.. ada sejumlah ulama yang berbeda pendapat. Kayak Imam Syafi’i , Imam Malik, and Abu Hanifah. Menurut beliau, cairan itu adalah haid kalo keluarnya pas masa haid, walopun itu ada darahnya ato tidak. Tpi juga ada nih, Dawud and Abu Yusuf. Beliau berbeda pendapat, kalo cairan itu gak termasuk haid.
Kenapa ulama berbeda pendapat. Ada nih hadist yang diriwayatkan oleh Ummu Athiyyah “Kami tidak menganggap cairan warna kuning yang keluar setelah suci dari haid sebagai darah haid. Lain halnya sama hadist Aisyah yang intinya, jangan solat dulu kalo kalian belum ngeliat cairan putih bening.
Solusi : terserah pemikiran kalian” ya..^^

Mewarnai kuku
Kalo pake pacar ato inai, boleh. Tapi kalo pake cat kuku yang lain, air bakal terhambat buat masuk ke kuku. Intinya, air wudhu gak bisa masuk ke kuku kalo kita nge-cat kuku kita. Ada hadist dari Aisyah yang diriwayatkan oleh al-Nasa’i dan Abu Dawud kalo Rasulullah bersabda,warnailah tangan(untuk cewek) biar bisa dibedain antara tangan cowok and tangan cewek.

Nah itu sebagian kecil dari fiqih wanita. Ada banyak banget kok. Kalo ada waktu dipost lagi kok. Semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr. wb.                                          

1 komentar:

Adsense