BAB 1
PENDAHULUAN
I.
Latar
Belakang
Perkembangan
teknologi yang semakin pesat tak pada era sekarang, membuat teknologi menjadi
bagian dari kebutuhan pokok manusia yang saling berkaitan dan tidak bisa
terlepaskan. Dengan keberadaan teknologi yang sekarang, perlu disadari hal
tersebut semakin mempermudah dan meringankan pekerjaan manusia.
Game merupakan salah satu dari banyak contoh perkembangan teknologi yang terlihat sangat cepat. Pada dasarnya, hampir di setiap komputer selalu kita temui beragam game yang memiliki spesifikasi terntentu, sesuai dengan kebutuhan game dan pengguna itu sendiri. Semakin tinggi kualitas tampilan yang dibutuhkan oleh suatu permainan, semakin tinggi pula spesifikasi sebuah komputer yang dibutuhkan untuk menjalankan game tersebut.
Game merupakan salah satu dari banyak contoh perkembangan teknologi yang terlihat sangat cepat. Pada dasarnya, hampir di setiap komputer selalu kita temui beragam game yang memiliki spesifikasi terntentu, sesuai dengan kebutuhan game dan pengguna itu sendiri. Semakin tinggi kualitas tampilan yang dibutuhkan oleh suatu permainan, semakin tinggi pula spesifikasi sebuah komputer yang dibutuhkan untuk menjalankan game tersebut.
Pada
makalah ini akan dipaparkan tentang cara kerja sebuah permainan computer sederhana
yang dapat dimainkan pada dua computer yang berbeda.
II.
Rumusan
masalah
Masalah dari makalah
ini meliputi.
1. Apakah
pengertian dari socket?
2. Apakah
pengertian dari client dan server?
3. Bagaimana
deskripsi umum dari permainan Tebak Angka?
4. Bagaimana implementasi dari permainan Tebak
Angka tersebut?
5. Bagaimana
hasil tampilan layar dari permainan Tebak Angka?
III.
Tujuan
Tujuan yang ingin
dicapai dari makalah ini adalah sebagai berikut.
1. Menjelaskan
pengertian socket.
2. Menjelaskan
pengertian client dan server.
3. Memaparkan
deskripsi umum dari permainan Tebak Angka.
4. Memperlihatkan
hasil tampilan layar dari permainan Tebak Angka.
BAB 2
ISI
I.
Pengertian
Socket
Socket
adalah suatu obyek untuk mengirim dan menerima pesan dan menciptakan inter
process communication. Socket memungkinkan mekanisme yang seragam pada tingkat
system operasi untuk inter process communication walaupun berada pada computer
yang berbeda. Mekanisme socket dapat bekerja pada semua skema penamaan dan
protocol jaringan, tidak hanya untuk TCP/IP dan UDP/IP.
Untuk
membangun aplikasi hal pertama yang perlu dilakukan adalah menganalisa
jenis aplikasi kita, kebutuhan bandwidth, kebutuhan ketersampaian data dan
sensitifitas terhadap delay. Berdasarkan hal ini kita bisa menentukan
protokol apa yang kita gunakan, entah TCP atau UDP. Makalah ini hanya membahas tentang pemrograman socket mengguakan
TCP karena program yang dibuat hanya menggunakan TCP saja.
1.1 Pemrograman
Socket Menggunakan TCP
Cara
kerja aplikasi yang menggunakan TCP dapat digambarkan oleh di bawah ini :
Detail
dari proses tersebut adalah :
- Untuk bisa melakukan koneksi client server, program server harus berjalan terlebih dahulu
- Di sisi server disediakan sebuah socket, yang disebut welcoming socket yang fungsinya untuk mendeteksi adanya permintaan koneksi dari sisi client.
- Di sisi client terdapat client socket. Jika ingin menghubungi server, maka melalui client socket-nya, client membuat inisialisai koneksi ke welcoming socket milik server, dengan mode three-way handshake.
- Setelah welcoming socket menerima inisialisasi koneksi dari client socket, aplikasi server akan membuat connection socket di sisi server. Dengan connection socket ini, client socket dan connection socket berinteraksi satu sama lain untuk mengirim dan menerima data.
- Client membaca data yang dikirim oleh server dari client socket-nya. Kemudian menampilkan data tersebut di monitor.
II.
Pengertian Clinet-Server
Client-Server merupakan
sebuah paradigma dalam teknologi informasi yang merujuk kepada cara untuk
mendistribusikan aplikasi ke dalam dua pihak, yaitu pihak client dan pihak
server.
Dalam model client/server, sebuah aplikasi
dibagi menjadi dua bagian yang terpisah, tapi masih merupakan sebuah kesatuan
yakni komponen client dan komponen server. Komponen client juga sering disebut
sebagai front-end, sementara komponen server disebut sebagai back-end.
Komponen klien dari aplikasi tersebut dijalankan dalam sebuah workstation dan
menerima masukan data dari pengguna. Komponen client tersebut akan menyiapkan
data yang dimasukkan oleh pengguna dengan menggunakan teknologi pemrosesan
tertentu dan mengirimkannya kepada komponen server yang dijalankan di atas
mesin server, umumnya dalam bentuk request terhadap beberapa
layanan yang dimiliki oleh server. Komponen server akan menerima request dari
client, dan langsung memprosesnya dan mengembalikan hasil pemrosesan tersebut
kepada client. Client pun menerima informasi hasil pemrosesan data yang
dilakukan server dan menampilkannya kepada pengguna, dengan menggunakan
aplikasi yang berinteraksi dengan pengguna.
III.
Deskripsi
Permainan
Permainan
Tebak Angka ini adalah sebuah permainan yang dapat dimainkan oleh dua komputer
yang berbeda. Komputer pertama bertindak sebagai server yang akan mengacak
angka yang harus ditebak oleh pemain. Sedangkan komputer kedua bertindak
sebagai client yang harus menebak angka acak dari server. Untuk bisa terhubung
dengan server, client harus memasukan IP dan port server. Permainan Tebak Angka
ini mempunyai beberapa aturan sebagai berikut.
1.
Angka yang muncul hanya antara 1 sampai 100
2.
Pemain mendapatkan kesempatan untuk menebak sebanyak 5 kali
3.
Apabila jawaban belum benar, maka akan keluar petunjuk apakah
angka acak tersebut lebih besar atau lebih kecil dari jawaban.
4.
Pemain dapat mengulangi permainan ataupun mengakhirinya.
IV.
Source Code Program
1. Pada
kelas TebakAngka
public void Tebak(){
if
(angka==tebak){
System.out.println("Anda Benar!");
i=5;
}
else
if (angka>tebak){
System.out.println("=====================================");
System.out.println("Angka Lebih
besar!");
System.out.println("=====================================");
}
else
if (angka<tebak){
System.out.println("=====================================");
System.out.println("Angka
lebih kecil!");
System.out.println("=====================================");
}
}
2. Pada
kelas Main
try{
TebakAngka ta = new TebakAngka();
angka
= ta.getAngka();
System.out.println("------------------------------------");
System.out.println("Kami mempunyai
bilangan dari 1 sampai 100");
System.out.println("Anda mempunyai 5 kali kesempatan untuk
mencoba");
System.out.println("--------------------------------------");
for (int i = 1; i < 6; i++){
System.out.print(""); System.out.println("Kesempatan ke
"+i);
System.out.print("Coba
tebak bilangan saya : ");
strTebak =
bufReader.readLine();
tebak = Integer.parseInt(strTebak);
ta.setTebak(tebak);
ta.Tebak();
}
ta.PrintAtt();
System.out.print("\nUlangi
[YA/TIDAK]? : ");
ulangi = bufReader.readLine();
if(ulangi.equals("YA")) ulang=true;
else ulang=false;
}
catch
(IOException ioe){
}
V.
Hasil
Program
1. Pada
komputer server
2.
Pada
komputer client
BAB 3
PENUTUP
I.
Simpulan
Program permainan
sederhana ini adalah permainan tebak angka dimana juga terdapat socket yang
mengkomunikasikan antara server dan client.Permainan ini merupakan permainan
yang dimainnya dua pemain yang mana satu menjadi server dan yang satunya
menjadi client. Peraturan dari permainan ini adalah kita menebak angka yang ada
sehingga menemukan angka tebakan yang benar. Disana juga terdapat batasan
pemasukkan angka serta kita dapat mengulang jika ingin mengulangi permainannya
lagi.
II.
Saran
Permainan tebak angka ini bisa dikembangkan
dengan cara menambahkan tampilan yang lebih menarik menggunakan Graphic User
Interface, server dapat menerima lebih dari satu client sehingga bias dimainkan
oleh banyak client dalam waktu yang bersamaan, dan sebagainya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar