Pages - Menu

01 Oktober, 2020

Persiapan Pernikahan Ala Aku TANPA WEDDING ORGANIZER... Mulai Dari Cari Vendor Hingga Urus Berkas (PART 2)

Assalamu'alaikum wr wb.


Temen-temen, sudah baca artikel saya yang pertama? Sebelum membaca Persiapan Pernikahan Ala Aku TANPA WEDDING ORGANIZER... Mulai Dari Cari Vendor Hingga Urus Berkas (PART 2), ada baiknya kalian baca artikel sebelumnya disini Persiapan Pernikahan Ala Aku TANPA WEDDING ORGANIZER... Mulai Dari Cari Vendor Hingga Urus Berkas (PART 1) . Apabila sebelumnya saya telah membahas tentang persiapan dari segi pemilihan tanggal, venue, dan rias, kini saya bakal melanjutkan setidaknya 4 poin lagi yang tidak kalah penting untuk kalian persiapkan. 

4.  Mengurus Berkas KUA

Dari tahun ketahun, syarat pendaftaran pernikahan di KUA mengalami perubahan. Bahkan yang menikah di tahun yang sama pun, punya persyaratan yang berbeda. Saya kurang tahu sih, apakah ada perubahan kebijakan dari pusat atau kebijakan yang berbeda tiap KUA tingkat kecamatan. Jadi disini, saya akan membahas sesuai pengalaman saya setahun yang lalu. Berikut langkah-langkahnya :

a. Persiapan Berkas

1. Siapkan pasfoto 3x4 (10 lembar)

2. 4x6 (10 lembar)

3. Fotokopi KTP 4 lembar. Siapkan juga yang asli

4. Fotokopi akte kelahiran 4 lembar. Siapkan juga yang asli

5. Fotokopi kartu keluarga  4 lembar. Siapkan juga yang asli

6. Fotokopi ijazah terakhir kartu keluarga  4 lembar. Siapkan juga yang asli

7. Materai 6000 5 lembar


Kantor urusan agama


b. Minta surat pengantar dari RT dan RW

Kamu cuma butuh minta aja ke ketua RT dan RW. Surat pengantar ini nantinya bakal dibawa ke kelurahan.

c. Bawa semua berkas-berkas yang ada di poin A dan B ke kelurahan

Tidak semua berkas yang ada di poin A di butuhkan, tapi alangkah baiknya kamu bawa semua jika ada perubahan kebijakan. Dikelurahan, kamu akan diberi sebuah form yang harus kamu isi dan disertai lampiran berkas yang ada di poin A dan B. Jika sudah lengkap, kamu tinggal menunggu tanda tangan dari Lurah. Jika lurah ada di tempat, sehari bisa jadi. Tapi kalau lurah sedang sibuk, berkas bisa diambil besok.

d. Bawa semua berkas yang ada dikelurahan untuk mendapatkan tanda tangan dan stempel dari kecamatan

Di kecamatan, kamu tidak perlu membawa berkas-berkas lagi, karena hanya minta stempel dan tanda tangan. Di hari yang sama, kamu bisa langsung datang ke KUA.

e. Datang ke KUA

Bawa semua berkas yang tersisa saat mengurus surat di kecamatan. Sebelum kamu datang ke KUA, kamu bisa memutuskan untuk langsung tes kesehatan berupa suntik TT (tetatuns toksoid) atau mau ke KUA dulu. Tapi saya sarankan untuk ke KUA dulu sih. Mengapa? karena mungkin saja kebijakan KUA tidak mewajibkan untuk melampirkan hasil suntik TT (tetanus toksoid) seperti saat kakak saya akan menikah tahun 2018 lalu. 

Datanglah bersama ayah, dan calon pasanganmu (jika memungkinkan). Saat di KUA, kamu akan diberi berkas yang hampir sama seperti di kelurahan serta harus melampirkan berkas yang ada di poin A. Setelah mengisi, kamu akan langsung ditemukan oleh calon penghulu yang akan datang ke akad nikahmu besok. Kamu akan ditanya-tanya beberapa hal seperti titel, jumlah mahar, tanggal dan jam pernikahan. Kamu juga disarankan untuk menunjukan berkas yang asli. Patut kamu ketahui, bahwa yang nikah pada hari itu nggak cuma kamu saja. Jadi semakin cepat kamu mendaftar, kamu akan bisa mendapatkan hari dan tanggal akad sesuai yang kamu inginkan.

Disinilah kamu tahu apakah kamu harus melampirkan surat sehat (suntik TT) tidak. Jika kamu memutuskan untuk akad di KUA, maka kamu tidak akan dikenakan biaya. Jika akad nikah di rumah, harus membayar sejumlah uang sebesar Rp 600.000,- di bank.

f. Surat Sehat

Surat sehat ini berupa suntik TT (tetanus toksoid). Suntik ini bersifat wajib. Adapun yang tidak wajib dilakukan adalah tes HIV, tes kesuburan, dll. Kalau hanya suntik TT, maka tidak bayar. Jika ambil tes yang lain, maka akan dikenakan biaya sekitar Rp 150.000-Rp 200.000,- per tes.

g. Membayar Ke Bank

Setelah membayar ke bank, fotokopi bukti transfernya dan kembalikan ke KUA beserta hasil surat sehat dari puskesmas tersebut.

Last but not least, minta alamat dan no.hp penghulunya untuk mengingatkan hari akad pernikahanmu jika harinya sudah dekat.


5. Catering

Hal yang paling krusial dalam sebuah pesta pernikahan adalah makanan. Bahkan hampir sebagian besar orang menilai sebuah pesta pernikahan dari segi makanan. Jika makanan enak dan tersedia banyak, maka pesta itu dikatakan berhasil. Hahaha. Lucu memang. Tapi memang kenyataannya seperti itu, banyak orang yang sengaja atau tidak sengaja kehabisan makanan sedangkan tamu masih berdatangan. Lalu bagaimana sih agar makanan cukup untuk tamu yang tidak sesuai dengan jumlah undangan yang tersebar? 

Misalkan undangan yang disebar sebanyak 500 undangan, maka kamu harus menyiapkan 1000 porsi. Untuk perhitungan porsi tiap jenis makanan, itu adalah urusan pihak catering. Mereka biasanya tidak memberikan 1000 porsi penuh untuk tiap jenis makanan, melainkan hanya kurang lebih separo saja. Jadi, saat kamu konsultasi pada pihak catering, kamu hanya akan di tanya dimana lokasi pernikahan dan jumlah undangan. Lokasi pernikahan menentukan seberapa banyak pondok makanan yang pas untuk luas lokasi. Sedangkan jumlah undangan digunakan untuk menentukan banyak porsi per pondokan. Itu adalah contoh kasus jika tipe pernikahanmu standing party atau prasmanan.
sumber : plaminan.com


Pemilihan vendor catering juga gampang-gampang susah. Cari saja yang sudah sering dipakai dalam acara pernikahan yang biasa kamu datangi. Biasanya vendor akan memberikan diskon untuk full payment sebesar Rp 3.000.000,- s/d Rp 5.000.000,-. 

6. Undangan

Sebelumnya kamu harus tau, bahwa sebuah undangan pernikahan jika tanggalnya sudah selesai, akan berakhir ke tempat sampah. Tapi ada juga anggapan orang bahwa besarnya "amplop" yang akan saya berikan juga dilihat dari bentuk undangannya. Semakin bagus undangannya, apalagi pakai hard cover, maka isi amplopnya akan semakin banyak. Baru tahu ada yang berpikir seperti itu? wowo....Kemana aje lu..

Semakin banyak jumlah undangan yang kamu cetak, kamu akan mendapatkan harga lebih murah. Jumlah potongan harganya biasanya di range minimal 500 pcs. Jumlah potongannya pun cukup banyak. Misal jika harga aslinya Rp 7000,- maka akan dipotong Rp 2000,-/pcs jika kamu mencetak lebih dari 500pcs.



Desain dari undangan pernikahanmu menurut saya tidak terlalu penting, selama informasi yang tercantum dalam undangan sangat jelas. Biasanya orang-orang akan memberikan tema/warna senada yang sesuai gaun pernikahanmu dan warna dekorasimu.

7. Dekorasi

Biaya dekorasi biasanya ditentukan berdasarkan seberapa besar gedung atau venue pernikahanmu. Semakin panjang, pasti akan semakin besar. Panjang dekorasi pelaminan biasanya dari angka 5 meter sampai dengan 12 meter. Biasanya saat kamu menghubungi vendor dekorasi, pertama kamu akan ditanya lokasi pernikahan, lalu kamu akan disodorkan paket-paketnya. Dari paket tersebut, kamu bisa menyesuaikan dengan budgetmu. Dalam satu paket dekorasi akan terdiri dari : dekorasi pelaminan (kursi, karpet, bunga, vas, dll), taman dibawah pelaminan, meja penerima kado, kotak uang, dekorasi pintu masuk, karpet jalan, vas jalan, janur penjor. Jika kamu ingin mengurangi budget, kamu bisa menghilangkan salah satu fasilitasnya. Jangan lupa untuk meminta referensi dari teman-temanmu yang sudah menikah, mana vendor dekorasi yang terpercaya dan bagus hasilnya.

a. Agar dapat harga dekorasi murah

Kalau mau mendapatkan harga yang lebih murah, kamu juga bisa cari vendor rias pengantin yang sekalian punya paketan dekorasi pelaminan. Mengapa? karena koordinasinya jadi lebih mudah. Koordinasi hanya dilakukan melalui satu pintu (yang punya rias pengantin), jadi akan menghemat waktu dan tenagamu untuk koordinasi persiapan pernikahan.

dekor pernikahan - daniar niam


b. Awasi pemasangan dekorasi

Biasanya, dekorasi pelaminan di gedung akan dipasang 12 jam sebelum gedung digunakan. Saya beri contoh saja dari kasus pernikahan saya. Akad nikah dilangsungkan pukul 07.00 WIB di rumah. Sedangkan resepsi pernikahan pukul 11.00 WIB di gedung. Dekorasi akad sebaiknya dipasang sore hari sebelum hari H dan dekorasi gedung dipasang malam hari sebelum hari H. Mintalah beberapa keluarga/ temanmu untuk cek lokasi gedung pada malam harinya, apakah dekorasi sudah beres. Jika belum, kamu harus bertindak tegas terhadap vendor dekorasinya.

c. Dekorasi dengan bunga segar

Dekorasi yang bagus biasanya dilihat dari apakah dekorasinya menggunakan bunga plastik/imiatasi atau bunga segar. Semakin banyak bunga segar yang dipakai, harganya semakin mahal. Kamu bisa menanyakan hal tersebut sebelum mengambil keputusan.


Sekian dulu untuk PART 2. Part selanjutnya saya bakalan membahas tentang vendor dokumentasi, souvenir, paket seserahan, acara akad, dan masih banyak lagi. Buat yang membaca ini dan sedang mempersiapkan pernikahan, kamu bisa tanya-tanya lewat comment ya. Insya Allah akan saya jawab dengan cepat dan sepengetahuan saya.

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar